Desa Gaden Juara 2 Lomba Desa Teraman seJateng

KLATEN – Luar biasa kiprah Kepala Desa (Kades) Gaden, Kecamatan Trucuk, Klaten, Hj Partinah ST MM. Dirinya berhasil bersama warga setempat mensukseskan Lomba Desa Aman dan Poskamling yang diselenggarakan Polda Jawa Tengah seiring Hari Bhayangkara Tahun 2016 ini.

Dan dari kerja kerasnya bersama elemen masyarakat, Desa Gaden, tepatnya di RW 5, berhasil meraih juara 2. Hadiah diserahkan di ajang peringatan HUT Bhayangkara Polda Jateng yang diselenggarakan di Banyumas, Jumat (1/7).
Kades Gaden Hj Partinah dengan mengenakan baju dinas Kades yang diundang khusus, tak menduga akan mendapat kepercayaan ini dan wajahnya terlihat bersinar karena senangnya. Desa Gaden yang saat ini terus membangun, telah menjadi juara 1 se Solo Raya dan menjadi juara 2 se Jateng, merupakan anugerah yang luar biasa.

“Tahun ini desa Gaden ditunjuk Polres Klaten maju dalam lomba Desa Aman dan Poskamling Polda Jateng. Dan kita tak menyangka akan bisa masuk 2 besar, ya kita syukuri saja dan kita arahkan warga kami tetap semangat dalam menjaga situasi kampung tetap akan dan poskamling juga tetap berfungsi,” demikian dijelaskan Kades Partinah.
Dijelaskan, sebelumnya desa Gaden ini pada Jumat pagi, 15 Mei 2016, menerima kunjungan tim penilai dari Polres Klaten. Lalu Selasa siang, 17 Mei 2016, menerima kunjungan tim penilai lomba dari Polda Jateng di Balai Desa dan malamnya ada penilaian Poskamling di RW 5 Desa Gaden.

Camat Trucuk Bambang Haryoko merasa bersyukur, atas bimbingan Polsek Trucuk dan Polres Klaten, desa Gaden yang mewakili Solo Raya di ajang lomba Desa Aman dan Poskamling ini mendapatkan penghargaan sebagai juara 2.
Kata Bambang Haryoko, bukan juaranya yang dicari, akan tetapi istiqomah warga dalam menjaga keamanan, ketertiban, kenyamanan, kententraman dan masyarakatnya kondusif dalam kesehariannya.

Poskamling yang ada di RW 5 juga tak hanya gayeng saat lomba saja, akan tetapi juga setelah lomba tetap benar-benar dipakai untuk giat Poskamling. Tanpa dukungan semua pihak, hasil membanggakan ini belum tentu terwujud.
“Ya, tentunya kita harapkan desa lainnya bisa mencontoh seputar giat Poskamling yang ada di desa Gaden. Intinya kejahatan bisa ditekan dan kalau bisa setiap permasalahan yang muncul, bisa diselesaikan dengan baik. Warga juga merasa nyaman tinggal di kampung dengan adanya Poskamling yang hidup,” pesan Bambang.

Kapolres Klaten AKBP Faizal juga berpesan agar situasi aman kondusif masyarakat di Klaten ini bisa terjaga dengan baik. Lomba Desa Aman dan Poskamling Polda Jateng ini, kata Faizal, bisa memberikan spirit warga dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Poskamling yang dinilai juga tetap eksis dan ribuan poskamling yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Klaten juga berfungsi dengan semestinya. “Kita ucapkan selamat buat Desa Gaden yang telah meraih juara 2 lomba Desa Aman dan Poskamling se Jawa Tengah yang diadakan Polda Jateng. Meskipun tak meraih juara pertama, namun spirit menciptakan lingkungan masyarakat yang aman, nyaman, kondusif, selalu ada,” pesan Faizal. (aha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *