Di Tengah Keprihatinan Pandemi Covit-19, SMPN 3 Bayat Klaten Gelar Pesta Demokrasi

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Meskipun suasana sekolah siswa belajar di rumah karena pandemi virus Corona alias Covit-19, para guru anggota Koperasi Bahagia SMPN 3 Bayat, Klaten, mengadakan pesta demokrasi pemilihan pengurus KPRI Bahagia di halaman sekolah ini, Rabu siang, 18 Maret 2020.

Ketua panitia Sugeng SPd mengatakan, proses pemilihan dikemas bagaikan pemilihan umum, seperti ada bilik suara, kota suara, kertas blangko dengan daftar calon, dan lainnya. Persiapan dilakukan selama 3 hari dan semua bisa berjalan lancar tanpa ada tekanan atau pemaksaan intimidasi mencoblos salah satu calon.

“Baru kali ini acara pemilihan pengurus baru KPRI Bahagia SMPN 3 Bayat dengan cara layaknya pemilihan umum. Semua berjalan demokratis dan coblosan ini dikemas dengan menyenangkan. Para anggota koperasi sejumlah 44 orang memilih ketua, sekretaris, bendahara dan 2 orang pengawas. Untuk nama-nama jago atau calon sudah ada dalam kertas suara dengan fotonya,” jelas Sugeng.

Panitia sedang melakukan penghitungan suara pemilihan ketua koperasi Bahagia.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Bayat Sugeng Sihono SPd sangat senang dengan semangat para guru dalam acara yang dikemas bagaikan PIkades atau Pilkada, sebab tata letak juga sama. Wajah-wajah guru yang ikut coblosan memang bahagia dan hadir menyuarakan aspirasinya.

Pemilihan pengurus Koperasi Bahagia ini ada 44 guru yang berhak memilih dan berhasil terpilih Budi Cahyana SSi sebagai Ketua Maryani Kusmiyanti ST sebagai sekretaris, bendaharanya Asnani Lailiyah SPd, pengawas 1 Sugeng SPd dan pengawas Sugiyan SPd.

Untuk hasil pemilihan ketua, Budi Cahyana unggul dari 11 calon lainnya dengan memperoleh 19 suara, disusul Rini Hastami SE meraih 13 suara, Hardina SPd dapat 7 suara, Sumiyati SPdI dapat 3 suara, Edy Santosa SPd dan Asim Sulistyo SPd yang masing-masing mendapat 1 suara.

Inilah wajah-wajah guru hasil pemilihan demokratis pengurus koperasi baru ala SMPN 3 Bayat.

“Saya kaget, kirain acara pemilihan pengurus baru Koperasi Bahagia periode 2020-2024 biasa saja, ternyata seperti pemilihan presiden saja. Baru kali ini saya melihat ada pemilihan pengurus koperasi secara demokrasi kayak coblosan dalam pilpres, pilbup atau pilkades,” ujar Sugeng.

Pelaksanaan pemilihan ini berlangsung dari pukul 10.00 WIB-12.30 WIB. Dan semua mentaati aturan selama proses pemilihan pengurus baru Koperasi Bahagia ini. Sugeng berharap, bagi pengurus baru yang terpilih, bisa melaksanakan amanah dengan lebih baik lagi daripada periode sebelumnya.

Hasil pemilihan pengurus baru koperasi Bahagia ini dalam waktu dekat akan mengadakan rapat kerja atau raker di luar Klaten dengan menyesuaikan pasca bencana global pandemi penyebaran virus Corona. Budi Cahyana mengaku akan melanjutkan program kepengurusan lama yang dipandang bagus dan meningkatkan kesejahteraan anggota secara lebih baik dan transparan.  (Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *