Disdik Klaten Seleksi Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2020

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Setiap tahun Dinas Pendidikan Klaten selalu mengadakan seleksi guru dan kepala sekolah berprestasi. Biasanya diadakan setiap bulan Maret dan hadiah biasanya diserahkan saat upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional. Tapi kali ini diadakan lebih awal di bulan februari, tepatnya Kamis pagi, 6 Februari 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Dr Wardani Sugiyanto MPd bersama jajarannya tampak hadir di acara pembukaan lomba guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat TK, SD dan SMP se Klaten tahun 2020 di aula SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.

Setiap Kecamatan atau Korwil Pendidikan Kecamatan mengirimkan 1 orang terbaik guru se Kecamatan, tingkat TK, SD dan SMP. Selain itu juga mengirimkan dalam lomba ini kepala sekolah terbaik jenjang TK, SD se Kecamatan dan kepala SMP. Tiap tahun agenda ini memang menjadi agenda yang diharapkan bisa menyaring guru dan kepala sekolah terbaik maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Purwono dan Budiyono sedang menguji peserta dalam tes wawancara.

“Harapan kami, dengan seleksi guru dan kepala sekolah berprestasi mulai jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), bisa terpilih yang terbaik. Dan nantinya maju mewakili Klaten ke tingkat provinsi,” jelas Wardani.

Dari monitor wartawan, ikut hadir menjadi tim penguji saat tes wawancara, ada Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Ketenagaan Disdik Klaten Wasana SPd MPd, Kabid Pembinaan SMP Disdik Klaten Drs Lasa MM, Kabid Pembinaan SD Disdik Klaten Wahyu Sugiharja SPd MM, Dra Tutik Naruningsih MM (Kabid Pembinaan Paud dan PNF Disdik Klaten).

Drs Tri Margiyanto MPd (Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan SMP Disdik Klaten), Siti Aminah SPd MPd (Korwil Pendidikan Kecamatan Cawas), Drs Purwono MMPd (Korwil Pendidikan Kecamatan Kalikotes), Wahyu Sugiharjono SPd MM (Korwil Pendidikan Klaten Tengah), dan Drs Budiyono (pengawas SD Korwil Pendidikan Kecamatan Wedi), Dra Sri Suharni MPd (Kepala SMPN 1 Klaten), Suyono SPd MM, Suparman, Taufik, dan lainnya.

Salah satu panitia, Drs Suroyo MM (Kasi Kurikulum dan Penilaian Pembinaan SD Disdik Klaten), menjelaskan, agenda seleksi guru dan kepala sekolah berprestasi ini ada beberapa tahapan. Antara lain tes tertulis atau menjawab lembar soal, tes wawancara dan penilaian karya ilmiah atau best practise peserta.

Panitia sedang bekerja keras mengoreksi tes tertulis peserta dalam seleksi ini.

“Persiapan seleksi guru dan kepala sekolah berprestasi jenjang TK, SD dan SMP ini sekitar satu bulan. Dan seleksi ini bertujuan mempersiapkan jago Disdik Klaten yang terbaik, baik jenjang TK, SD dan SMP yang nantinya maju mewakili Klaten ke tingkat Provinsi. Semua peserta bisa mengikuti proses seleksi dengan baik, baik tes tertulis, tes wawancara dan penilaian best practise,” ujar Suroyo.

Dijelaskan pula, untuk jumlah peserta yang ikut seleksi ini, 26 guru TK, 26 kepala TK, 26 guru SD, 26 kepala SD, 71 guru SMP dan 27 kepala SMP se Klaten. Total peserta yang ikut seleksi ada 202 orang dan semua terlihat bersemangat mengikuti proses seleksi. Untuk Kepala SMP seharusnya ada 65, tapi karena faktor lain, hanya ada 27 kepala SMP yang hadir dan ikut seleksi. (Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *