Es Tebu Bikinan Bang Edy yang Ngetem di Utara RSI Klaten Laris Manis..!!

KLATEN – Dengan menempuh jarak sekitar 25 km, Bang Edy yang tinggal di wilayah Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, sekitar dua bulan ini menekuni usaha wirausaha dengan menjual es tebu di pinggir jalan utara RSI Klaten. Lokasi yang strategis membuat usahanya ini laris manis seperti rasa es tebu yang dijualnya.

Saat ditemui wartawan Senin siang, 20 Maret 2017, Bang Edy terlihat bersemangat melayani para pembeli yang sudah menjadi pelanggannya. Tiap hari, ada 50 lebih batang tebu yang ludes dikemas menjadi air tebu siap minum. Dan air tebu ini semakin segar jika dicampur dengan es.

Ahmad Syauqon, siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’arif NU Drono, Kecamatan Ngawen, terlihat sudah menjadi pelanggan es tebunya. Kalau ada waktu luang, Ahmad akan berupaya menyempatkan diri membeli es tebu yang lokasinya 700 meter dekat rumahnya di Gatak Rejo, Drono, Ngawen.

“Es tebu ini jika sudah diminum, tubuh menjadi segar dan terasa hangat. Pikiran menjadi fresh dan seakan kita ada tambahan tenaga atau stamina. Pokoknya mantap jika sudah minum es tebu ini,” ujar Ahmad Syauqon.

Bang Edy sedang membuat olahan air tebu yang dicampur dengan es di lokasi jualannya utara RSI Klaten, Senin, 20 Maret 2017. 

Untuk satu bungkus es tebu, Bang Edy menjual Rp3 ribu dan jika pelanggan menghendaki membuatkan sari tebu tanpa es penuh, maka harganya Rp4 ribu. Dari pengamatan wartawan, setiap satu 2 batang tebu dengan panjang 50 cm, digilas pakai alat khusus sampai 5 kali dan air resapan tebu pun terlihat Bang Edy menaruh porong untuk menampung resapan air tebu.

Pelanggan es tebu Bang Edy tak hanya dari warga sekitar, tetapi juga masyarakat yang melewati jalan raya depan RSI Klaten arah Jatinom. Dalam menekuni usaha jualan es tebu ini, Bang Edy sudah stand by di pinggir jalan pukul 08.00 WIB dan akan balik Teras sekitar pukul 16.00 WIB. Bang Edy dalam jualan es tebu ini menggunakan gerobak motor roda tiga.

Karena manfaat air tebu ini sangat bagus bagi kesehatan, maka Bang Edy berniat akan terus mengembangkan usaha ini. Selain menjual es tebu, juga sekaligus membantu masyarakat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Air es tebu memang berkhasiat dan bisa dibuktikan.

“Air tebu memang sangat menyehatkan dan air tebu juga mengandung berbagai jenis bahan yang sangat alami dan hebatnya, para pelanggan tidak perlu menambahkan gula untuk mendapatkan rasa manis. Air tebu juga aman dikonsumsi warga yang menderita diabetes,” ujar Bang Edy yang mengaku tahu manfaat air tebu dari informasi internet.

Untuk per bungkus es tebu yang siap dinikmati ditarik ongkos Rp3 ribu dan harga ini sudah dipandang murah. Padahal manfaatnya bagi tubuh sungguh luar biasa.

Dari data internet tentang kandungan tebu yang diperoleh kabarepiye.com, untuk sumber nutrisi 100 gram air tebu itu terdiri dari kandungan air 0,2 mg, protein 0,23 mg, lemak 0,07 mg, karbohidrat 27,3 gram, gula 25,8 gram, asam pantotenat 0,07 mg, zat besi 0,56 mg, magnesium 2,45 mg, kalsium 32,56 mg, fosfor 0,02 mg, kalium 163 mg, dan unsur lainnya.

Sedang manfaat air tebu, antara lain untuk meningkatkan stamina tubuh. Dalam es tebu ada ketersediaan energi bagi tubuh. Dan sekedar diketahui, tebu itu mengandung sebuah senyawa aktif dan glukosa alami yang bisa meningkatkan energi untuk tubuh.

Glukosa dan senyawa elektrolit dalam tebu bisa meningkatkan energi karena mendorong metabolisme dalam tubuh. Selain itu zat gula menjadi salah satu penambah energi yang paling besar terutama saat musim panas.

Air dari kandungan gula tebu ternyata juga sangat bagus bagi penderita diabetes. Gula alami pada air tebu bisa menurunkan kadar gula darah, sebab hal ini dikarenakan adanya kandungan glikemik gula yang sebenarnya lebih rendah daripada gula olahan lain.

Sekedar diketahui, para penderita diabetes harus lebih berhati-hati memilih sumber energi. Gula tambahan dan semua jenis gula yang menyebabkan kadar gula tinggi tentu sangat dilarang dan diwaspadai. Tapi air tebu tetap aman bagi penderita diabetes.

Para ahli kesehatan sudah sepakat, kalau tebu itu termasuk tanaman dengan kadar sumber gula yang di dalamnya terkandung antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan pada air tebu ini bercampur dengan mineral dari sumber makanan lain dalam tubuh. Reaksi ini sangat efektif untuk mencegah semua jenis kanker dan menurunkan resiko kanker payudara.

Dan saat ini memang terik panas matahari sering mengganggu ketahanan tubuh atau bisa menimbulkan dehidrasi. Seperti saat apel atau upacara di bawah terik panas matahari, akan mudah dicegah terjadi dehidrasi dengan meminum es tebu. Masyarakat bisa mengkonsumsi es tebu yang membantu dalam meningkatkan asupan mineral pada air tebu.

Ada satu manfaat es tebu yang membuat tubuh tetap sehat, khususnya mencegah penyakit ginjal. Air tebu mengandung protein yang bisa membantu ginjal untuk menyaring semua cairan termasuk darah dan air. Dan kandungan zat alkali yang alami dalam gula tebu bisa membantu ginjal tetap bagus kerjanya. Konsumsi air tebu paling tidak dua kali dalam seminggu sudah bisa mengurangi resiko penyakit ginjal. (hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *