Grup Guyup Wargo Barepan Wetan, Raih Juara I Festival Gejog Lesung di Cawas

KLATEN – Kemeriahan sangat terasa dalam Festival Musik Gejog Lesung dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 di halaman Kecamatan Cawas, Klaten, Kamis pagi (25/8).

Dalam festival musik gejog lesung ini, setidaknya ada 14 grup. Setiap peserta memang terlihat kompak dan sangat antusias, dan ratusan penonton juga merasa terhibur dengan agenda ini. Lesung dari Desa Nanggulan usianya paling tua, yaitu 150 tahun dan di lesung masih kuat dipukul.

Dari 14 grup gejog lesung yang ikut, hasil penilaian 3 orang dewan juri, diputuskan sebagai juara 1 diraih nomor urut 10 dengan skor 1.111 yaitu grup gejog lesung Guyup Warga dari Barepan Wetan, Desa Barepan.

Disusul juara 2 diraih grup Sekar Melati Desa Baran nomor urut 9 dapat skor 1076, dan juara 3 nomor urut 14 dapat skor 1058 dari grup gejog lesung Kalideres, Desa Tugu. Sedang juara harapan 1 diraih nomor urut 6 dapat skor 1050 grup gejog lesung Desa Gombang.

Dan juara harapan 2 dengan nomor urut 8 dapat skor 1035 grup gejog lesung Arum Laras KPK Desa Barepan. Grup Arumm Laras ini singkatan dari agawe rukun utomo mudo, dan KPK itu singkatan dari Dukuh Kedungsambi, Pringtutul, dan Kanukan.

“Kita turut bangga bisa menggelar festival musik gejog lesung ini, setidaknya alat lesung sampai sekarang masih eksis, dimana era zaman dulu, lesung ini sangat urgens untuk menumbuk padi usai panen. Luar biasa peserta yang ikut festival musik gejog lesung ini,” jelas Camat Cawas Drs Much Nasir MM kepada wartawan usai acara, Kamis siang (25/8).

Ketua panitia festival musik gejog lesung ini, Sabarto SSos mengakui senang, dari 20 desa yang ada di wilayah Kecamatan Cawas, tercatat ada 9 desa yang ikut dengan jumlah grup gejog lesung yang ikut ada 14.

Permasalahan di lapangan, jelas Sabarto, desa yang tak mengirimkan regu karena terkendala kesulitan alat lesung. Desa yang mengirimkan regu gejog lesung, yaitu Desa Cawas, Nanggulan, Bendungan, Tugu, Bawak, Barepan, Pakisan, Baran, dan Gombang.

Kesulitan desa yang tidak mengirim regu gejog lesung, secara kenyataan memang tak memiliki lesung, seperti Karangasem, Burikan, Plosowangi, Bogor, Tlingsing, Kedungampel, Mlese, Tirtomarto, Japanan, Balak, dan Pogung.

“Tapi nggak masalah, tadi yang ikut ada 14 regu gejog lesung dan semuanya tampil atraktif. Ada yang mengenakan baju lurik, penthul, dan aneka kreasi lainnya. Kita batasi tiap regu maksimal 10 orang dan waktunya sekitar 15 menit,” ujar Sabarto yang juga Penanggungjawab Kepala Desa Barepan.

Ikut menyaksikan acara ini, Danramil Cawas Kapten Infanteri Dalimin, Kapolsek Cawas AKP Totok Mugiyanto SSos MH, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cawas Siti Aminah SPd MPd, Kepala Puskesmas 1 dan 2, Kepala SKB Dinas Pendidikan Klaten Sugeng Iriyanto SAg MM, Kepala SMPN 1 Cawas Hartoyo SPd, dan lainnya.

Untuk para pemenang, akan diberikan hadiah yang rencananya akan diserahkan pada gelaran jalan sehat tingkat Kecamatan Cawas, Rabu pagi, 31 Agustus 2016 mendatang di halaman Kecamatan Cawas.

Setelah ke-14 peserta selesai tampil, Muspika Cawas dan Kades yang hadir tampil memukul lesung dengan membawakan sebuah lagu berjudul Lesung Jumengglung karya Ki Narto Sabdo.

Lagu wajibnya memang lesung jumengglung dan lagu bebas berisi ajakan kepada masyarakat untuk membangun, seperti lagu ronda kampung, gotongroyong, gugur gunung, dan lainnya.

Sekitar 15 menit usai Muspika dan Kades memukul gejog lesung, sekitar pukul 11.30 WIB, Muspika dan Kades joget bersama dengan diiringi semua grup gejog lesung dengan memukul masing-masing lesung yang dimiliki.

Tim juri festival musik gejog lesung itu ada tiga orang, yaitu Sugeng Purwadi SPd  (Penilik TK/SD UPTD Pendidikan Cawas), CH Oneng Suryani SPd (guru seni budaya SMAN 1 Cawas), dan Heni Utami Indriastuti SPd (guru SMPN 1 Cawas).

Camat Nasir berharap, tahun depan acara festival musik gejog lesung bisa digelar lebih meriah lagi dan pesertanya juga semakin banyak. “Desa yang belum bisa mengirimkan lomba gejog lesung kali ini, tahun depan bisa mengirimkan,” pesannya. (ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *