Hamenang Wajar Ismoyo: Hadapi Corona Jangan Panik, Tetap Tawakkal dan Berdoa

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Pandemi atau penyebaran virus Corona atau Covid-19 telah membuat rakyat negeri Indonesia tercinta ikut resah. Semua elemen bangsa ini, lewat koordinasi yang dipantau langsung Presiden RI Joko Widodo, melakukan berbagai upaya kewaspadaan akan penyebaran virus ini.

Seperti dilakukan sejumlah elemen dan relawan di Klaten, lewat gugus depan koordinasi yang diketuai Asisten 1 Setda Klaten dr Rony Roekmito MKes, upaya pencegahan dan kewaspadaan dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan penyemprotan desinfektan sejumlah kantor, masjid, pasar, dan titik penting lainnya.

“Pembentukan gugus depan penanganan pandemi Covid-19 Kabupaten Klaten ini dilakukan di ruang B1 Setda Klaten yang dihadiri Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo SIK MIK, Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso SIP, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dan jajaran lainnya, Sabtu siang, 14 Maret 2020,” jelas Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo SIKom pada wartawan Jumat siang, 20 Maret 2020.

Anggota TNI lakukan penyemprotan desinfektan di ruang Paripurna DPRD Klaten, Jumat siang (20/3/2020).

Dikatakan, langkah kewaspadaan terkait Corona ini didukung elemen BPBD, PMI, SAR dan elemen relawan lainnya. Gedung DPRD Klaten, Kantor Disdukcapil Klaten, Kantor DPM-PTSP Klaten, Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Polres Klaten, Kantor Dishub Klaten, Kantor Kejaksaan Negeri Klaten, dan berbagai lokasi lainnya, disemprot obat desinfektan oleh anggota TNI/Polri, BPBD, PMI, SAR dan relawan.

Dan sesuai petunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri), untuk kinerja DPRD Klaten sementara lockdown sampai Selasa, 31 Maret 2020. Hamenang mengatakan, anggota dewan juga diminta tetap ikut memberikan arahan kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada akan bahaya pandemi virus ini. Dan masyarakat juga diminta tidak membuat berita atau menyebarkan informasi hoaks atau kabar bohong yang meresahkan terkait Corona.

Berita-berita santer di media sosial, baik lewat media cetak, televisi, whatsapp, twitter, atau media lainnya, Hamenang meminta segenap masyarakat Klaten tetap tenang, jangan panik dan jangan asal-asalan mengupload atau menyebarkan berita yang tak bisa dipertanggungjawabkan. Warga juga diminta bisa hidupkan tradisi cuci tangan pakai sabun yang benar sesering mungkin dan usaha ini setidaknya bagian dari upaya pencegahan.

Hamenang juga berpesan, masyarakat Klaten kalau memungkinkan untuk beraktivitas di rumah saja, dan langkan ini lebih baik daripada pergi ke luar rumah dengan tujuan yang tak urgens atau tidak penting sampai tanggal 31 Maret mendatang. Siswa sekolah yang belajar di rumah juga bisa dipantau, dan diminta tidak keluyuran di tempat swalayan, mall, atau main playstation.

Ketua PMI Klaten H Purwanto Anggono Cipto bersama Bambang Giyanto, ikut lakukan penyemprotan desinfektan gedung PMI Klaten.

“Namun apabila ada yang mau keluar rumah beraktifitas kerja atau tujuan urgens, usahakan pakai masker dan membawa hand sanitizer. Ya, apabila tidak ada sanitizer, sering-seringlah cuci tangan pakai sabun saja dan hindari berkontak fisik dengan orang lain. Jangan bersalaman dulu, jangan cipika-cipiki. Biasanya ibu-ibu kalau bertemu sahabat saat resepsi atau hajatan, pasti cipika-cipiki,” pesan Hamenang.

Putra anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah Hj Kadarwati ini juga menegaskan, Klaten tercinta jangan sampai terjadi korban dari penyebaran virus Corona ini. Meskipun rumah sakit telah disiapkan bagi warga yang positif Covid-19, tapi mencegah itu lebih baik. Gerakan hidup bersih dan sehat, makan makanan yang bergizi, halal dan thoyyibah, cuci tangan pakai sabun, wudlu yang benar, bisa dilakukan.

Masyarakat yang mengalami gejala batuk, pilek, panas dan sesak nafas, Hamenang menyarakankan agar segera memeriksakan diri ke dokter terdekat atau rumah sakit. Puskesmas terdekat juga bisa menjadi lokasi awal warga mengecek kesehatan, jangan sampai terlambat dalam penanganan.

“Mari kita sama-sama berdoa meminta kepada Allah SWT, Tuhan Pencipta Langit dan Bumi, Penguasa Alam Jagat Raya ini, agar wabah bencana virus Corona ini segera berakhir, serta semuanya diberikan keamanan dan keselamatan. Perbanyak dzikir kepada Allah SWT, bersholawat dan tetap tawakkal,” pesan suami Fahrani ini. (Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *