Hj Kadarwati Bagi-bagi Sembako Jogo Hati, Jogo Tonggo, Jogo Wargo dan Jogo Petani di Jatipuro Trucuk Klaten

KLATEN, KABAREPIYE.com – Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah Hj Kadarwati SH MH tampak senang hati menerima kedatangan Ibu-ibu janda dan tokoh warga yang tinggal di sekitar rumahnya di Jatipuro, RT 1/RW 10, Desa Jatipuro Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Kamis petang (21/5/2020).

Mereka hadir dalam memenuhi undangan Kadarwati pada acara SEHATI Berbagi Gotong Royong Basmi Covid-19 part 2. Sebelum acara penyerahan simbolik, Kadarwati didampingi Ketua RW 10 Jumakir dan Ketua RT 1 Triyono, serta beberapa janda, mendatangi rumah warga yang sudah lanjut usia atau lansia dengan memberikan sembako.

Ikut keliling kampung, Ketua DPRD Kabupaten Klaten Hamenang Wajar Ismoyo SIKom yang selalu setia mendampingi Kadarwati yang tak lain ibundanya sendiri. Ibu dan anak ini sama-sama kader PDI Perjuangan yang duduk sebagai anggota dewan atau legislator mengadakan peduli Covid-19

Kadarwati didampingi Hamenang serahkan simbolik bantuan sembako kepada Ketua APTI Klaten Sunarto bersama pengurus.

Dengan berjalan kaki, kegiatan “Jogo Hati”, “Jogo Tonggo” dan “Jogo Wargo” ini dilakukan Kadarwati sehabis shalat Ashar menuju rumah Mbah Paniyem, Mbah Sugiyem, Mbah Sumo dan Mbah Marto yang usia mereka sekitar 80-an tahun. Selain warga tersebut yang diberi sembako, juga sejumlah warga lainnya tetangga rumah Kadarwati mendapat sembako.

“Jadi ini merupakan agenda SEHATI Berbagi Peduli Covid-19 part 2 dengan kemasan jogo tonggo, jogo wargo dan nanti sehabis kita keliling bagikan sembako buat warga tetangga, termasuk kepada para janda di kampung ini, kita adakan acara jogo petani, khususnya petani tembakau dalam wadah APTI atau Asosiasi Petani Tembakau Indonesia Kabupaten Klaten. Semoga bantuan sembako ini bisa meringankan beban warga akibat terdampak Covid-19 atau virus Corona,” jelas Kadarwati.

Ketua RW 10 Kampung Jatipuro Jumakir mengaku senang dengan program Kadarwati dengan jogo hati, jogo tonggo, jogo wargo dan jogo petani ini. Pemberian sembako ini memang sangat bermanfaat dan cukup membantu warga yang tinggal di sekitar rumah Kadarwati yang realitasnya terdampak Covid-19. Jumakir bersama Triyono (Ketua RT 1 Dukuh Jatipuro), mengharapkan agenda seperti ini bisa dikondisikan tak hanya saat ada pandemi virus Corona.

Kades Jatipuro Tulus bersama perangkat desa menerima simbolik bantuan sembako dari Kadarwati.

Sementara Hamenang menambahkan, Kamis siang sampai sore, memang dilakukan pula pembagian sembako bagi kader dan pengurus ranting PDI Perjuangan se Dapil 5 Klaten, yaitu Trucuk, Bayat, Cawas, Pedan dan Karangdowo. Hamenang selain sebagai Ketua DPRD Kabupaten Klaten, juga menjadi Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Trucuk.

Para kader PDIP tampak pula berkumpul di kediaman Kadarwati dalam pembagian paket sembako ini dan ikut membagikan sembako ini dengan menggunakan tossa atau kendaraan pribadi. Ada sekitar 2 ribu paket sembako yang dibagikan bagi kader PDIP di Dapil 5 Klaten ini dan semua dipesankan tetap stay at home, pakai masker kalau pergi ke manapun dan ikuti protokol kesehatan.

“Selain kita berbagai rejeki dengan memberikan paket sembako ke tetangga, termasuk warga yang sudah janda dan lanjut usia, kita juga membagikan paket sembako kepada para petani tembakau dan petani lainnya. Para kader pengurus ranting PDI Perjuangan di Dapil 5 Klaten juga kita kasih sembako. Kita ikut empati dan ikut meringankan warga akibat pandemi virus Corona ini. Saya bersama ibu saya, Hj Kadarwati, seiring memasuki bulan Syawal 1441 H, kami ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin, sedoyo kalepatan nyuwun pangapunten,” ungkap Hamenang.

Ketua DPRD Klaten Hamenang, Kades Bero Suranto dan warga lainnya, hadir dalam acara ini.

Sunarto atas nama petani tembakau di Klaten, juga mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian Covid-19 yang ditunjukkan Kadarwati bersama Hamenang. Bantuan sembako ini diharapkan bisa meringankan beban warga, khususnya para petani tembakau yang ada di wilayah Kabupaten Klaten. Kegiatan sosial semacam ini, harap Sunarto, bisa intens dilakukan dalam memberikan motivasi kepada para petani lebih semangat dalam bekerja.

Tampak hadir usai pembagian sembako bagi warga tetangga Kadarwati sejumlah pengrusu APTI Klaten, antara lain Sunarto (Ketua APTI Klaten), Suranto SSi (bendahara APTI), Mbah Suwarno, Sridoyo, Juwandi, dan pengurus lainnya. Kepala Desa Jatipuro Tulus Nugroho SE bersama perangkat desanya juga hadir dalam kegiatan SEHATI Berbagi Peduli Covid-19 Part 2 ini. (Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *