Kelurahan Kabupaten Gelar Lomba K3, Ajak Warga Kelola Sampah dengan Bijak

KLATEN – Semangat kekompakan selalu terlihat di jajaran Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten. Dalam setiap program yang ada, selalu diutamakan sistem koordinasi selalu ditekankan melalui kepemimpinan Lurah Hartini SIP MM.

Salah satu agenda Kelurahan Kabupaten, belum lama mengadakan lomba kebersihan, keindahan dan ketertiban (K3) tingkat RW se Kelurahan Kabupatan dalam rangka mensemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-71 yang diikuti 12 RW dengan jumlah RT ada 39.

Kepada redaksi, Hartini mengungkapkan, bahwa kegiatan lomba K3 ini akan menjadi program tahunan seiring HUT Kemerdekaan RI dan setiap RW dengan didukung masing-masing RT, harus siap nyengkuyungnya.

Panitia telah menyiapkan piala dan juga hadiah berupa uang pembinaan. Kata Hartini, bukan jumlah nominal uang yang diperebutkan, akan tetapi semangat dan kepedulian warga dalam menjaga kebersihan, ketertiban dan keindagan selalu ada.

Dan dalam lomba K3 kali ini, panitia menyiapkan bagi tiga pemenang terbaik, dan ditetapkan sebagai sebagai juara 1 diraih RW 7, disusul RW 12 sebagai juara 2 dan juara 3 diraih RW 2. Tim penilaian tetap bekerja profesional dan tidak bisa diganggu gugat.

“Untuk lomba K3 di Kelurahan Kabupaten ini sudah diawali tahun 2014 lalu, dan semua RW sangat senang jika tiap peringatan HUT Kemerdekaan digelar lomba K3 ini. Hadiah akan diserahkan di malam tirakatan di masing-masing RW. Dengan lomba K3 ini, semua warga guyup rukun dan bersatu menciptakan suasana lingkungan yang menarik,” ungkap Hartini.

Sebelumnya, tanggal 9 dan 10 Agustus ada tim kelurahan yang meluncur ke lokasi atau masing-masing kelurahan menilai K3. Warga bersama pengurus RW yang dikunjungi juga sangat antusias dan memberikan penyambutan baik.

Untuk agenda peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71, segenap kelurahan Kabupaten akan mengikuti upacara bendera di SMP Negeri 5 Klaten atau utara balai desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah dan nantinya sebagai pelaksana dari UPTD Pendidikan Kecamatan Klaten Tengah.

Tentang program kebersihan, di wilayah Kelurahan Kabupaten tetap dijaga dengan baik. Pada bulan Juli 2016 lalu, sudah dilakukan sosialisasi tentang pengelolaan sampah secara bijak dan tidak mengganggu lingkungan. Ada biovori dan sampah di wilayah Kelurahan Kabupaten ini dibakar di rumah kosong di RW 11, RW 12, dan RW 8 khususnya bagi daerah padat penduduk.

“Untuk sampah ini, sudah menjadi kesepakatan, tiap bulan ditarik Rp5 ribu tiap KK, dan nyatanya sampah sekarang bukan hal yang merepotkan. Sampah sudah bisa dikelola dengan baik, sudah ada petugas yang siap mengelolanya,” jelasnya di ruang kerjanya, Jumat siang (12/8).

Untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda Oktober 2016 mendatang, diharapkan semua warga se Kelurahan Kabupaten bisa mengikuti agenda jalan sehat dan tepatnya Minggu pagi, 30 Oktober 2016, pukul 06.00 WIB, bisa berkumpul semua di Sidowayah atau depan DPU Klaten.

Jalan sehat semarak Sumpah Pemuda ini sangat menawan, antara lain ada televisi, mesin cuci, kulkas dan lainnya. Dalam melaksanakan tugas, Lurah Hartini dibantu Dyan Apriliani SE (Sekretaris Kelurahan), Sunarto SIP (Kasi Kemasyarakatan), Maryatun SIP (Kasi Pembangunan), V Pancasilawati SE (Kasi Pemerintahan), Budi Marwoto (Staf), Rosit Mukalim, dan Dany Ariyani (THL).

Semangat menjaga lingkungan Kelurahan Kabupaten agar tetap bersih, rapi dan indah. Dan di wilayah Kelurahan Kabupaten ini juga merupakan center kegiatan ekonomi di wilayah Kabupaten Klaten, sehingga benar-benar bisa ditata dengan baik dan membawa berkah bagi masyarakat tentunya. (ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *