Luar Biasa..!! Upacara Bendera di SMPN 3 Bayat Bagai Oskestra

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Dengan persiapan lebih awal, sekitar pukul 05.30 WIB, siswa SMPN 3 Bayat, Klaten atau lebih dikenal dengan sebutan siswa Estib, menggelar orkestra mengiringi upacara tiap tanggal 17, tepatnya Jumat pagi, 17 Januari 2020. Selain gitra, juga ada angklung, pianika, dan alat musik lainnya.

Asim Sulistyo SPd, guru seni budaya Estib, dibantu sejumlah guru dan siswa mempersiapkan peralatan seni musik seperti orkestra. Upacara ini dipimpin sendiri oleh Kepala Estib Sugeng Sihono SPd yang mengenakan baju Korpri dan siswa-siswi mengenakan seragam pramuka.

Penampilan seni musik siswa-siswi Estib ini memang sudah tersohor se Klaten dan dari pantauan wartawan, belum ada SMP yang menggelar upacara dengan diiringi berbagai alat musik kayak orkestra ini. Selain lagu Indonesia Raya, juga ada mars Estib dan beberapa lagu kebangsaan lainnya yang dimainkan.

Siswa dengan antusias mainkan alat musik dalam upacara ini, seperti angklung dan gitar.

“Alhamdulillah, kemampuan siswa Estib dalam seni musik memang sudah diketahui masyarakat. Sesuai program kami, selain akan kami hidupkan kegiatan seni di Estib, kami juga akan menghidupkan peningkatan iman dan taqwa siswa Estib,” ungkap Sugeng Sihono.

Saat jumpa pers usai upacara, Sugeng yang tinggal di Sabranglor, Trucuk ini mengaku siap melaksanakan amanah Bupati Klaten demi kemajuan pendidikan, khususnya di SMPN 3 Bayat ini. Meskipun belum ada 3 bulan, Sugeng memandang kegiatan keagamaan dan seni akan bisa mendorong siswa semangat belajar.

Adanya fasilitas musholla di sekolah, menjadi senter kegiatan keagamaan dan telah dibentuk takmir untuk mengelolanya. Sebelum siswa belajar, ada waktu bagi siswa untuk berdoa, shalat dhuha dan baca kitab suci Al Qur’an. Siswa agama lainnya juga dikondisikan dapat pembinaan dari guru agama terkait.

Asim Sulistyo, guru seni budaya SMPN 3 Bayat, ikut mainkan biola.

Terpisah, Asim Sulistyo berharap, guru mapel lainnya juga bisa ikut berkiprah dengan pro aktif menggiatkan kegiatan siswa sesuai mapel masing-masing. Gebrakan Kepala Estib ini perlu didukung semua guru dan karyawan, sehingga ke depan akan semakin ngremboko Estib ini.

“Tentang semangat anak-anak belajar seni musik di Estib, memang tak pernah luntur dan justru semakin bersemangat. Estib yang masyhur dengan seni grafiti dan seni musik, termasuk orkestra saat upacara bendera, tetap memotivasi siswa raih prestasi. Namun demikian, mohon guru mapel lainnya juga ikut ngimbangi dan pro aktif dalam setiap kegiatan,” harap Asim. (Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *