Pentas Ketoprak Semarak HUT ke-52 SMKN 1 Pedan Klaten Hibur Masyarakat

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Puncak semarak memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 SMK Negeri 1 Pedan, Klaten, sangat terasa dengan pentas ketoprak, Jumat malam, 31 Januari 2020. Keluarga besar sekolah ini bersinergi dalam menyukseskan agenda tahunan ini bisa berlangsung menyenangkan dan memotivasi siswa berkreasi.

Kegiatan HUT ke-52 ini, didukung sejumlah sponsor, termasuk Komite Sekolah dan para alumni. Ada sejumlah acara menarik yang diadakan, antara lain upacara, pengajian dan sholawat, donor darah, bakti sosial, sepeda santai, pasar kulineran siswa atau market day, dan agenda lainnya.

Ketua panitia, Drs Wiyoto MSi mengatakan, setiap tahun HUT sekolah selalu diadakan dan kali ini juga tidak kalah meriah dengan tahun lalu. Kegiatan donor darah diikuti sekitar 80 peserta, anak-anak juga diajak peduli sesama dengan menyantuni anak yatim di Batur Ceper dan Juwiring.

Kepala SMKN 1 Pedan Muhammad Choiri dampingi para tamu yang hadir.

“Upacara, pengajian, motivasi dari Indo Nusa Solo, donor darah, diadakan Selasa, 28 Januari 2020. Pada Rabunya, 9 Januari, ada display organisasi, pentas seni dan guest star yang cukup meriah. Juga ada sepeda santai, fashion show, pasar kulineran dan hiburan pada Kamis, 30 Januari. Puncaknya ada pentas ketoprak di lapangan Gelora Pemuda Pedan, Jumat malam, 31 Januari 2020,” ujar Wiyoto.

Dalam pentas ketoprak ini, diawali dengan kirab yang diikuti Kepala SMKN 1 Pedan Muhammad Choiri SPd MPd bersama jajaran guru dan siswa yang akan pentas dari halaman sekolah jalan kaki menuju lapangan Gelora Pemuda Pedan. Panitia bersyukur, sebab hujan deras telah berhenti, sehingga pelaksanaan pentas ketoprak bisa berjalan baik.

Khoiri mengungkapkan, untuk tema HUT ke-52 SMKN 1 Pedan atau Kadansa ini “Kolaborasi dalam Kebhinekaan Merajut Budaya dalam Persatuan”. Dukungan Komite Sekolah dan para alumni, juga memacu siswa lebih all out dalam mengisi agenda atau ekpresikan diri di ajang hari ulang tahun ini.

Bersama siswa, Kepala SMKN 1 Pedan Muhammad Choiri dukung pentas ketoprak.

“Pentas ketoprak ini merupakan salah satu upaya melestarikan budaya jawa, melesktarika nilai-nilai budaya lokal di negeri ini. Ke depan, Klaten nantinya bisa menjadi kota budaya, kota ketoprak. Digelarnya ketoprak ini, siswa lebih mencintai budaya lokal, bisa bangkitkan gairah anak-anak muda, remaja-remaja kita lebih mencintai budaya,” ujar Choiri yang menjadi Kepala SMKN 1 Pedan sejak 2 September 2019.

Lebih jauh Choiri mengatakan, pentas ketoprak ini warisan leluhur yang harus diuri-uri. Siswa diarahkan lebih cinta dengan budaya asli. Sekitar tahun 1970-an, ketoprak ini menjadi hiburan masyarakat luar biasa, setiap malam rabu disajikan di Klaten. Kadansa ingin ikut bangkitkan ketoprak bangkit kembali dan eksis.

Panitia HUT ke-52 Kadansa ini, jelasnya, sebenarnya hanya ingin menggelar ketoprak di halaman sekolah, tapi karena keinginan para alumni, kegiatan puncak pentas ketoprak diadakan di lapangan Gelora Pemuda Pedan, agar bisa dinikmati masyarakat luas.

Siswa penuh semangat pentas seni tari di ajang ketoprakan ini.

Dalam pentas ketoprak ini hadir sejumlah tamu undangan, antara lain Kapolsek Pedan AKP Mujiyana, Sekcam Pedan Widaya, Paguyuban Kepala Desa se Kecamatan Pedan, MKKS SMK Klaten, para mantan Kepala SMKN 1 Pedan, Korwil Pendidikan Kecamatan Pedan Jarot Setyo Sriwidodo SPd, para alumni, komite sekolah, dan tamu undangan lainnya.

Dalam pentas ketoprak ini juga ada penampilan siswa dalam seni tari, paduan suara dana pemotongan tumpeng yang dipimpin langsung Kepala SMKN 1 Pedan di panggung. Ratusan siswa dengan duduk lesehan di tikar, antusias menyaksikan pentas ketoprak yang dimulai pukul 21.30 WIB penuh semangat. Lakon ketoprak “Saboyo Mukti, Saboyo Pati” menjadi hiburan menyenangkan atau menghibur masyarakat.

“Semoga tahun depan acara peringatan HUT SMKN 1 Pedan bisa lebih meriah lagi dan memberikan semangat atau motivasi kepada siswa menggapai impian. Dukungan para alumni demi kemajuan sekolah ini juga disyukuri. Dan kami informasikan, untuk pelaksanaan SMKN 1 Pedan, bisa!” jelas Choiri. (Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *