Purwono, Staf Bagian Umum Setda Klaten Jadi Pj Kades Tirtomarto Cawas

KLATEN – Wajah Purwono, warga RT 11/RW 5, Dukuh Jetis, Desa Tirtomarto, Kecamatan Cawas, Klaten, tampak sumringah alias bahagia, dan dirinya menyatakan siap mengawal pemerintah desa tersebut sebagai pejabat (Pj) Kepala Desa sampai terisi secara definitif.

Atas nama Bupati Klaten, Hj Sri Hartini SE, Camat Cawas Drs Much Nasir MM menyerahkan SK Bupati nomor 141.1/249 tahun 2016 tertanggal 1 Nopember 2016 tentang pengangkatan Purwono sebagai Penjabat Kepala Desa Tirtomarto, Kecamatan Cawas, Klaten di gedung olahraga Desa Tirtomarto, Senin malam (14/11).

Ikut menyaksikan Kapolsek Cawas AKP Joko Hariyanto SH MH, Danramil 20/Cawas Kapten Inf H Dalimin, Kasi Tata Pemerintah Kecamatan Cawas Joko Purwanto SH MH, Ketua BPD Tirtomarto, Ketua RT/RW, PKK Desa dan unsur lainnya.

pur6Dalam pengarahannya, Camat Much Nasir menyatakan, Purwono yang mengabdi di Bagian Umum Setda Klaten, selama menjalankan tugas sebagai Pj Kades Tirtomarto, berhak untuk mengelola tanah kas desa berupa bengkok Kades seluas 50 persen dan sisanya masuk kas desa.

Perlu juga disampaikan, kata Nasir, agar Purwono segera bergabung dalam birokrasi dan tugas pertama segera mengadakan rapat koordinasi internal. Juga secepatnya memahami tupoksi dipelajari dan bisa melayani masyarakat yang terbaik. Kalau sudah diberikan amanah, tentunya apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi bisa dilaksanakan dengan baik.

Juga dipesankan agar Istri Purwono, Ny Sumarni, juga segera mengkondisikan dalam melanjutkan program TP PKK Desa, dan tentunya PKK tak akan berhenti di tengah jalan. Purwono dan Ibu Purwono harus bisa mengatur waktu dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

pur2Dalam waktu dekat, akhir Nopember 2016, akan ada monitoring dari TP4D yang terdiri dari pemerintahan, hukum, organisasi, pembangunan, kejaksaan dan lainnya. Akhir tahun ini memang harus ada pelaporan pertanggungjawab APBDes dan program-program lainnya.

Kata Nasir, perlu dipahami bahwa Pj Kades tanpa didukung semua perangkat desa, tentunya sangat berat. Pj Kades dan Perangkat desa juga tak akan bisa berjalan baik jika tak didukung BPD, RT/RW, dan elemen masyarakat.

“Saya minta Purwono yang telah dipercaya sebagai Pj Kades bersama perangkat segera menuntaskan segala urusan tanah bengkok. Saya tak ingin ada muncul masalah baru, kas bengkok harus tuntas. Saya minta Pj Kades dengan didukung semua perangkat desa bisa gas poll, rem blong, untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada,” harap Nasir mantap.

pur1Di kesempatan ini, Kapolsek Joko Hariyanto dan Danramil Dalimin juga berkenan menyampaikan berbagai masukan atau informasi aktual. Termasuk antisipasi minuman keras, peredaran narkoba, sampai pada tantangan negeri ini dari segala ancaman dan tantangan dari luar negeri.

Perangkat desa dengan mengenakan baju seragam stelan warna hitam turut mendukung acara ini, Sekdes Wahyono, Kaur Pembangunan Sudar, Kaur Pemerintahan Tukimin, Kaur Umum Supardi, Kaur Keuangan Agung Nugroho, Kadus 1 Paidi, dan Kadus 2 Tri Widayat.

Salah satu tokoh masyarakat, Sunyoto, Ketua RW 3, mengaku tetap mendukung apa yang telah menjadi keputusan bupati dan dilaksanakan Camat Cawas terkait penyerahan SK Bupati kepada Purwono sebagai Penjabat Kades Tirtomarto. Saat ini, ketua RT/RW memang diundang dan menyaksikan penyerahan SK Pj Kades Tirtomarto.

“Saya selama ini 17 tahun menjadi Ketua RW tetap berusaha mengikuti aturan yang ada. Dan kita mengikuti aturan pemerintah yang ada dengan tetap sinergis memberikan dukungan. Untuk acara ini, kehadiran RT/RW dan para tokoh desa bisa menerima dengan apa adanya. Semoga Pj Kades ini bisa melaksanakan dengan baik apa yang menjadi tupoksinya. Seperti pesan Camat Cawas agar Pj Kades segera bekerja dengan gas poll, raih percepatan pembangunan,” ujar Sunyoto.

pur7Pj Kades Tirtomarto Purwono didampingi istrinya Sumarni, mengaku siap menjalankan tugas sebagai Pj Kades Tirtomarto sampai terisi secara definitif. Untuk itu, Purwono tetap mohon bantuan dan sumbangsih pemikiran dan sekaligus perekat persatuan dalam wadah desa Tirtomarto.

“Kami mohon dukungan demi kelangsungan pemerintahan desa Tirtomarto ini. Kami tanpa dukungan segenap elemen masyarakat, perangkat desa, RT/RW, kami tak bisa apa-apa. Sekali lagi kami mohon sumbangsih pemikiran dan sekaligus perekat persatuan dalam memajukan desa ini,” pesan Purwono. (dulkim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *