Rayakan HUT RI ke-71, Ribuan Warga Kecamatan Cawas Ikuti Pawai Budaya

KLATEN – Ribuan warga menyaksikan gelaran pawai atau karnaval budaya dan potensi desa di wilayah Kecamatan Cawas, Minggu siang (21/8). Sebuah panggung besar dengan panjang 12 meter dan lebar 4 meteran berdiri megah khas warna merah putih di depan Puskesmas 1 Cawas.

Tampak Camat Cawas Drs Much Nasir MM didampingi istrinya Minik Nisang Nasir, Kapolsek AKP Totok Mugiyanto SSos MH bersama istrinya AKP Nanik Suryani, Anggota DPRD Klaten Edy Sasongko.

Juga turut hadir, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cawas Siti Aminah SPd MPd, Kepala SMPN 1 Cawas, dan pejabat lainnya. Sejumlah kepala desa (Kades) se Kecamatan Cawas juga terlihat bersemangat mengikuti dan menyaksikan pawai budaya dan potensi desa ini.

Setiap desa, jelas Camat Nasir, terlihat menampilkan atraksi reog dan seni jathilan. Warga dengan senang hati, membawa aneka produk dan menampilkan potensi desa, juga ada aksi kader PKK dan Posyandu, serta produk atau hasil panen pertanian.

Kegiatan ini, setidaknya bisa memberikan motivasi kepada masyarakat agar tetap semangat mengarungi kehidupan ini. Cawas ini memang unik dan masyarakatnya sangat kompleks dan memiliki potensi yang tak bisa dianggap sepele.

“Untuk startnya tadi dari lapangan Desa Cawas menuju depan Puskesmas 1 Cawas. Dan kebanyakan setiap desa mengajak warganya untuk ikut pawai minimal 50-200 orang. Kita harapkan pawai karnaval dalam rangka semarak HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini bisa diambil hikmahnya dan tetap semangat menyongsong masa depan,” jelas Nasir.

Terpisah, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cawas Siti Aminah yang juga turut menyaksikan pawai ini menyatakan, agenda pawai atau karnaval potensi desa dan kedinasan di wilayah Kecamatan Cawas ini bisa membawa satu informasi dan satu spirit kemajuan.

Peserta pawai sesuai potensi dan hasil jerih payah selama ini, juga didampingi dan dipandu Kades masing-masing, dengan atraksi yang dimiliki, membuka cakrawala masyarakat akan potensi desa yang ada di Kecamatan Cawas.

Dengan disaksikan ribuan mata memandang di sepanjang jalan antara lapangan Desa Cawas sampai Puskesmas 1 Cawas, menunjukkan antusias masyarakat untuk mendapatkan satu hiburan tersendiri.

Penampilan unik serta adanya atraksi sejumlah seni jathilan dan grup reog, sedikit banyak memberikan kepuasan tersendiri. Juga ada drumband, atraksi reog yang membanggakan, berbagai karya dan produk, kata Siti Aminah, telah membuat jajaran Kecamatan Cawas bangga.

Dirinya merasa senang dan berharap, tahun depan agenda karnaval bisa diselenggarakan dengan lebih baik dan tertata rapi. Karena dalam karnaval ini, masih banyak warga naik sepeda motor yang nyelonong memasuki arena karnaval dan membuat petugas kewalahan.

“Saya kira agenda pawai budaya dan potensi desa ini bagus dan bermanfaat, ke depan tentunya bisa digelar lebih baik lagi. Tentu bisa memberikan satu manfaat positif bagi masyarakat di Cawas ini,” ujar Siti Aminah mantap.

Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten yang ada di Cawas, Sugeng Iriyanto SPd MM mengakui, acara pawai ini jelas sangat bermanfaat dan satunya adalah munculnya kesadaran sebagai warga di Cawas untuk tetap berbuat lebih baik lagi di masa mendatang.

Ketika mengetahui penampilan desa lainnya lebih bagus, maka dalam diri ada semangat untuk tampil lebih all out di tahun mendatang. “SKB Klaten sendiri juga berupaya bisa lebih meningkat dalam pelayanan dan pengabdiannya. Kegiatan SKB selama ini juga telah mengakar di wilayah Kecamatan Cawas,” pungkas Sugeng Iriyanto yang turut menyaksikan di atas panggung kehormatan.

Ada kejadian unik, mantan wartawan Joglo Pos Klaten yang menekuni dunia entertainment, video shooting Lor Kali Dengkeng, Mr Margono alias Gogon, terlihat membawa stafnya dengan naik sepeda motor trail dalam komunitas Roy Foto. Bahkan mobil Pajeronya dicorat-coret pakai pilog demi menyenangkan warga Cawas di ajang pawai ini. Dan Camat Nasir pun turun panggung dan foto bersama di depan mobil Gogon yang tak karuan rupanya itu. (ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *