RW 05 Desa Gaden Siap Menjadi Kampung KB. Warga Kompak Ikut KB..!!

KLATEN – Dukuh Gaden RW 5, Desa Gaden, Kecamatan Trucuk, Klaten, ada jalan unik dan menarik. Ketika memasuki kampung RW 05 ini, ada jalan Akseptor. Dengan penuh kesadaran warga RW 05 Gaden memasang petunjuk nama-nama istilah Keluarga Berencana (KB).

Selain nama jalan Akseptor, juga ada gang Implan, gang IUD, gang Suntik, gang Vasektomi, gang MOW, gang PUS, dan lainnya. Kepala Desa Gaden Hj Partinah sangat mendukung keinginan warga menuju “Kampung KB”. Nama jalan yang unik kesannya warga memang butuh KB dan tidak dipaksa. Secara mandiri ingin wujudkan KB yang bermakna.

Kades Partinah pimpin rapat menuju Kampung KB di Balai Desa, Selasa, 12 September 2017.

Terlihat Kades Partinah koordinasi terkait Kampung KB bersama Edy H Saputro alias Edy Geyol (Ketua Kampung KB Dukuh Gaden RW 05 Desa Gaden), Sugiyanta (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Kecamatan Trucuk dan Fasilitator Kampung KB Gaden), perangkat desa dan Abdul Jabbar (Fasilitator Kampung KB dari lembaga “John Hopkins” Center for Communication Programs Jakarta, Selasa pagi, 12 September 2017.

“Kebetulan Desa Gaden ini sudah memulai dengan berbagai kegiatan menuju Kampung KB, seperti bersih-bersih sampah, melukis mural tulisan dukungan kampung KB, penempelan stiker kampung KB, resik-resik kali, bersih BAB (buang air besar) di kali, bebas jentik nyamuk, jalan sehat warga, penanaman aneka sayuran, dan lainnya,” jelas Partinah.

Untuk ke depan, RW 05 berupaya mewujudkan pembuatan atau pendirian Balai Kampung KB, tapi bukan semacam pos gardu. Kalau untuk acara pertemuan bisa diadakan di gardu RW. Jabbar mengharapkan kampung KB ini bukan sekedar akan gelar layar tancap dan bukan gerakan sporadis untuk lomba.

Sekretaris Dinsos P3A-KB Klaten, Hj Siti Aisyah Agustien (sebelum purnatugas) sidak kampung KB Gaden.

“Kalau layar tancap itu usai acara banyak sampah, selesai pulang. Tapi kampung KB ini sepanjang masa, artinya warganya melaksanakan KB tiada henti. KB benar-benar menjadi kebutuhan warga dengan segala kesadaran dan agendanya minimal 8 macam, seperti resik-resik kali, bersih-bersih lingkungan rumah, penyuluhan narkoba, dan lainnya. Kampung KB ini unik dan warga turut berperan aktif di dalamnya,” ujar Jabbar.

Direncanakan, Kades Gaden dan Fasilitator Kampung KB Desa Gaden Sugiyanta akan mengikuti “Pelatihan Video Komunitas Kampung KB” di Cilacap, Senin-Kamis, 25-28 September 2017.¬†Acara ini untuk membekali para fasilitator terkait mewujudkan kampung KB, seperti bisa memotret masalah atau deteksi permasalahan problem solving menuju kampung KB. (hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *