SD Negeri 2 Klaten Juara 1 Lomba Cerdas Cermat SD Tahun 2020

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Akhirnya Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Klaten mewakili Korwil Pendidikan Kecamatan Klaten Tengah meraih juara 1 di ajang lomba cerdas cermat tingkat SD se Klaten tahun 2020 di aula SMP Muh 1 Klaten, Jumat pagi, 14 Februari 2020.

Sebelumnya 26 tim LCC mewakili masing-masing Korwil Pendidikan Kecamatan, tampil dalam seleksi LCC yang diadakan Kamis pagi (13/2/2020) dan Jumat (14/2) digelar grand finalnya dengan 6 regu terbaik. Tiga siswa SDN 2 Klaten begitu tangguh dan cakap dalam menjawab setiap soal yang diajukan dewan juri.

Penanggungjawab LCC SD tahun 2020, Drs Purwono MMPd mengatakan, SDN 2 Klaten meraih juara 1 dengan skor 1900, disusul juara 2 dari SDN 2 Delanggu (skor 1400), juara 3 SDN 1 Ceper (skor 1300), juara harapan 1 SDN 2 Leses Manisrengggo (skor 1100), juara harapan 2 SDN 1 Sawahan Juwiring (skor 1000), dan juara harapan 3 SDIT Nurul Istiqlal Wonosari (skor 900).

Grand final LCC SD tahun 2020 dimenangkan regu SDN 2 Klaten di aula SMP Muh 1 Klaten.

“Dalam melaksanakan tugas lomba cerdas cermat tingkat SD ini, kami tetap mengedepankan semangat tanggungjawab, kejujuran, dan tidak memihak pada peserta manapun. Kita tetap jalankan tugas sesuai petunjuk aturan main yang ada sebagai juri demi suksesnya LCC meraih hasil terbaik,” ujar Purwono.

Sementara dalam sesi pembukaan LCC, Kamis pagi (13/2), Kepala Disdik Klaten Dr Wardani Sugianto MPd berkenan hadir membuka acara dan sempat melakukan dialog dengan perwakilan peserta yang maju. Wardani mencoba menguji kemampuan atau bakat pengetahuan yang dimiliki siswa yang tampil di ajang bergengsi ini.

“Dengan adanya LCC tingkat SD ini, semua termotivasi menjadi yang terbaik. 26 regu LCC yang maju ini merupakan hasil seleksi terbaik dari 26 Korwil Pendidikan Kecamatan, sehingga semuanya merupakan siswa-siswi yang terbaik. Semoga nantinya terpilih regu yang terbaik di ajang LCC ini,” jelas Wardani.

Sementara Kepala SDN 2 Klaten, Dewi Ana SPd MM merasa bersyukur, sebab tiga siswanya berhasil meraih nilai tertinggi dalam LCC dan berhak menjadi juara 1. Prestasi juara 1 dalam LCC seperti ini juga diraih dalam LCC tahun 2019. Siswa SDN 2 Klaten memang pilihan dan selama ini merupakan salah satu SD unggulan di Klaten yang sarat dengan prestasi.

“Alhamdulillah, siswa kami bisa bertahan menjadi juara 1 dan semoga prestasi yang diraih anak-anak ini benar-benar membawa berkah bagi SDN 2 Klaten yang letaknya berada di tengah kota atau samping Kodim 0723/Klaten. Segala persiapan jelang hadapi LCC, juga tetap dilakukan dan hasilnya pun memuaskan, anak-anak berhasil sebagai juara 1 LCC tahun 2020,” jelas Dewi Ana.

Nurida Aryanti bersama juri lainnya di sela-sela ajang LCC SD tahun 2020 ini.

Dalam kegiatan LCC tahun 2020 ini, Purwono (Korwil Pendidikan Kecamatan Kalikotes) ditunjuk sebagai penanggungjawab lomba, koordinatornya dipegang Drs Budiyono (pengawas SD Korwil Pendidikan Kecamatan Wedi), Nurida sebagai juri IPU, Vivit sebagai juri Matematika, Quismasternya Anwari, juri Bahasa Indonesia Dewi Ana, Tyas sebagai juri IPA, Didik pegang timer, pencatat nilai dipegang Widyastuti, serta pencatat nilai di papan Joko dan Haendry.

Budiyono menambahkan, untuk diketahui jajaran kepala sekolah dan guru, hasil seleksi LCC, Siswa Berprestasi dan FLSDAK itu hanya sampai di tingkat Kabupaten Klaten. Artinya 3 lomba ini tidak sampai ke tingkat Provinsi atau Pusat, cukup sampai tingkat Kabupaten saja.

“Sedang lomba berjenjang yang sampai tingkat Pusat adalah OSN, O2SN, FSN dan FLS2N. Meskipun demikian, segala persiapan atau pembinaan lomba yang sampai ke tingkat pusat atau hanya cukup sampai kabupaten, tetap menyesuaikan. Semuanya demi meraih prestasi terbaik dalam dunia pendidikan, siswa dan guru juga tetap termotivasi,” pesan Budiyono. (Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *