Semarak Ultah Ke-49 SMKN 1 Pedan, Kirab Budaya sampai Pentas Seni

KLATEN – Kebahagiaan tampak di wajah Afiq Azkiyah, siswi SMK Negeri 1 Pedan (Kadansa), Klaten. Bersama ribuan siswa sekolah yang menjadi dambakan masyarakat di wilayah Kecamatan Pedan ini, Afiq tampil atraktif dengan mengenakan kaos putih dan wajah yang ditempeli bendera merah putih, Selasa pagi, 31 Januari 2017.

Tanpa rasa lelah dan keluh kesah, Afiq dengan jalan kaki menyusuri kota Pedan dengan star dari sekolah yang dilakukan Camat Pedan Dra Hj WS Rahayu MSi dengan disertai pengalungan bunga melati oleh Camat Pedan kepada Kepala SMKN 1 Pedan, Drs Eko Subadri MM. Usai pengalungan bunga dilanjutkan pemotongan pita pemberangtan acara kirab budaya keluarga besar sekolah yang ada di selatan Mapolsek Pedan ini.

Kepada wartawan, Afiq mengaku senang dan sangat menikmati moment ini sebagai bagian dari kemeriahan ulang tahun SMKN 1 Pedan ke-49 yang jatuh pada 31 Januari 2017. Anniversary ke-49 sekolah ini diwarnai dengan kirab budaya, lomba fashion show, pentas seni dan aneka kegiatan lainnya. Puluhan balon udara juga dilepas sebelum gelaran kirab budaya dimulai.

“Kita semua senang bisa ikut kirab budaya ini, dan di usia ke-49 ini, semoga sekolah kami tercinta ini bisa semakin baik lagi, termasuk bisa melahirkan siswa-siswa yang potensial, berbakat dan siap kerja di masa mendatang. I love you SMKN 1 Pedan, sukses selalu buat Kadansa,” celethuk Afiq.

Hal senada juga disampaikan Ririn Handayani, siswa Kadansa yang mengenakan baju adat jawa di ajang kirab budaya ultah ke-49 SMKN 1 Pedan ini. Katanya, dengan mengenakan baju adat kejawen, kebetulan yang dikenakan memang baju temantin jawa yang nantinya akan dipakai saat dirinya menikah di masa mendatang.

Bagi Ririn, memang harus tegar dan kuat, sebab mengenakan baju temantin jawa ini tidak boleh berjalan cepat-cepat. Meskipun jalan tempuh kirab budaya sekitar 3 km, Ririn merasakan senang dan tidak merasa kepenatan atau capek. Usai acara kirab budaya ini, Ririn terlihat ikut lomba fashion show dengan langkah tegap dan mempesona.

“Kirab budaya ini sepertinya setahun sekali diadakan dua kali, biasanya pas acara semarak pitulasan Agustus dan momen kedua saat Kadansa ini berulang tahun. Senang dan acara ini bisa menjadi ajang kreasi siswa Kadansa, bapak-ibu guru dan segenap karyawan. Pokoknya seneng bisa ikut kirab budaya ini,” ujar Ririn yang wajahnya imut-imut.

Siswa memang penuh kreasi dalam kirab budaya ini, rombongan diawali dengan grup drumband, paskibra Kadansa, lalu rombongan per kelas dengan aneka pakaian unik, seperti sosok rombongan ibu hamil, pakaian ala dokter, perawat, linmas, polisi, tentara, dan lainnya. Dan salah satu yang unik adalah puluhan siswa mengenakan baju racikan dengan memakai kertas koran atau bahan limbah sampah yang tak berguna.

Seperti yang dipakai Klarisa Amelia Yusuf (siswa kelas 10E) dan Afiana (kelas 12 jurusan pemasaran) yang memakai baju koran dan kertas limbah sampah. Kepada wartawan, Afiana yang berparas ayu itu tampak anggun dan mantap mengenakan baju limbah sampah yang dibuat selama sepekan ini.

Dengan dukungan teman satu kelas, Afiana yang tinggal di Jambu Kidul, Kecamatan Ceper itu merasa nyaman bisa mengenakan baju limbah. Kertas yang dibuat memang didesain seperti baju yang alami atau natural. Saat dikenakan juga terasa indah dan ketika berjalan menyusuri jalan di sekitar Kadansa juga indah dipandang mata.

“Nggak tahu, sepertinya temen-teman lihat saya juga senang dan ada pakaian khas atau unik yang membuat kirab budaya ini agak beda. Kalau pakaian unik yang dikenakan teman-teman bisa dinikmati masyarakat saat melintas di jalan, tentu akan berkesan dan Kadansa atau SMKN 1 Pedan ini juga punya nilai tersendiri di hati masyarakat,” ujar Afiana didampingi Amelia.

Kepala SMKN 1 Pedan Eko Subadri didampingi Wakil Kepala SMKN 1 Pedan Bidang Humas Drs Wiyoto menjelaskan, agenda ulang tahun sekolah ini selalu berbeda. Dan tahun lalu juga ada kirab budaya, fashion show dan dimeriahkan lagi dengan pentas seni siswa sekolah ini.

Keluarga besar SMKN 1 Pedan yang jelas sangat berterima kasih atas berbagai sponsor yang terlibat mendukung demi suksesnya ulang tahun ini. Antara lain Perusda Aneka Usaha, BRI Klaten, Sinar Mandiri, Betha Sutrisna, Politeknik Indonusa Solo, dan lainnya. Suksesnya acara ini juga didukung penuh semua guru dan karyawan, tanpa kerjasama yang baik, ulang tahun ke-49 ini tak akan bisa berjalan baik.

“Semoga di usia ke-49 ini, SMKN 1 Pedan ini semakin dicintai masyarakat, dan akhirnya kepercayaan masyarakat ini juga menjadi tanggungjawab bersama dalam kerangka mencetak kader-kader penerus bangsa yang handal, trampil dan siap kerja,” jelas Eko Subadri.

Camat Pedan Hj WS Rahayu juga turut hadir dan mengucapkan salam sukses bagi sekolah ini. Dan jalinan kerjasama selama ini, seperti juga sejumlah siswa Kadansa yang terlibat dalam kirab karnival lurik Klaten. Siswa Kadansa juga tampil di kirab budaya di Magelang dan nantinya awal bulan Februari 2017 ini.

“Kita juga mohon doa restu, sejumlah siswa SMKN 1 Pedan ini juga akan tampil dalam gelaran festival budaya di Chingai Singapore pada tanggal 9 sampai 12 Februari 2017 mendatang. Dukungan guru, karyawan, dan semua siswa di sini, semoga penampilan siswa di Singapore mendatang tidak mengecewakan. Sukses selalu buat SMKN 1 Pedan ini, maju terus,” pesan Camat Rahayu. (hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *