Siswa Krista Gracia Klaten All Out Pentas Seni Tahun 2020, Lakonnya Kera Sakti

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Ratusan wali murid dan masyarakat penuh antusias ikut menyaksikan pentas seni (Pensi) tahun 2020 yang dimainkan anak-anak Toddler, KB, TK, SD dan SMP Krista Gracia Klaten di Panggung Seni SD Krista Gracia, Sabtu petang, 29 Februari 2020.

Pensi ini dikemas dalam bentuk opera tradisional yang menggabungkan seni tari, teater, musik tradisional dan tata rupa pentas dalam judul atau lakon Kera Sakti dan temanya merajut mimpi melalui seni. Luar biasa penampilan siswa-siswi Sekolah Krista Gracia Klaten ini yang melibatkan 300 anak, mulai Toddler, KB, TK, SD dan SMP Krista Gracia.

Kepala SD Krista Gracia Klaten Sri Purwanti Juli S, SPd MM merasa senang dan bersyukur atas gelaran pensi yang berjalan sukses. Hujan yang mengguyur Klaten sejak siang, tak menyurutkan niat warga menyaksikan pensi dengan durasi sekitar 3-4 jam ini.

Siswa penuh percaya diri dan berani tampil dalam seni peran di panggung.

Dikatakan, pemain yang terlibat pensi ini memang dibenarkan ada 300-an anak. Pensi sukses dengan didukung Bondan Nusantara dari Bantul, Yogyakarta sebagai art direction, sutradaranya Tutik Suharyani SSn MM, penata gerak Tutik Suharyani bersama Novi Handayani SSn, dan Agus Triyanto SSn, serta penata rias dan busana Krista Gracia Art.

“Sedang penata rupa panggung, tata lampu dan multimedia oleh tim Amigo Production. Juga didukung penata suara Klasik Sound System dan penata musik Septiawan Kurniadi SSn dan Sigit Waluyo SPd. Terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga pensi ini sukses,” jelas Sri Purwanti.

Pesan moral dalam pentas seni Kera Sakti ini, jelas Sri Purwanti, hendakknya manusia tidak boleh berlaku serakah, tamak, atau memiliki niat jahat kepada orang lain. Manusia juga perlu belajar untuk selalu tabah dan sabar dalam menghadapi kesulitan hidup, juga selau berbuat baik, karena kebaikan akan membawa keberuntungan.

Jajaran guru Sekolah Krista Gracia Klaten juga kompak sukseskan acara pensi ini.

Harapannya dari pensi ini, anak-anak bisa mendapatkan pelajaran berharga, hikmat kehidupan yang dapat membangun karakter dan menyiapkan diri mereka menghadapi masa depan. Siswa  Toddler, KB, TK, SD dan SMP Krista Gracia Klaten ini diajarkan untuk siap dalam mengembangkan potensi diri, termasuk potensi bakat seni terpendam.

Ikut hadir menyaksikan pensi ini, Pimpinan Amigo Group Klaten Edy Sulistyanto yang duduk di samping Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Dr Wardani Sugiyanto MPd dan tokoh penting tamu lainnya. Sejumlah awak media televisi, media cetak dan online, juga setia meliput pensi ini.

Kepada wartawan, Kepala Disdik Klaten Wardani Sugiyanto menyambut baik pensi ini. Pensi ini dipandang akan semakin membangkitkan semangat siswa atau anak-anak dalam bermain seni peran, seperti drama, ketoprak atau teater di panggung. Sekolah lainnya juga diharapkan bisa turut kembangkan bakat seni siswa dengan mengagendakan pensi atau semacamnya. Pendidikan karakter anak sangat dirasakan dalam setiap pensi yang digelar dan hal ini mendukung kemerdekaan belajar anak.

Tim penata lampu, sound system, multimedia dan tim lainnya, solid dalam bekerja.

“Acara pentas seni bagus, saya mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang memberikan ekspresi potensi anak, karena dengan begitu anak-anak akan mempunyai keberanian, punya semangat, punya keseimbangan mengembangan diri. Dengan mereka tampil, banyak yang yang diperoleh, anak bisa mengapresiasikan dirinya, dan itulah merdeka dalam belajar,” jelas Wardani.

Salah satu penonton Sunarna SE yang juga Kepala Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, mengaku sangat senang bisa hadir saksikan pentas seni ini. Kemampuan bakat seni anak akan semakin berkembang dengan seringnya digelar pensi semacam ini dan bagi Sunarno, program sekolah Krista Gracia dengan menggelar pensi satu tahun sekali ini bisa dilanjutkan.

“Anak-anak dengan pentas seni ini tentu sangat senang dan menikmatinya. Dalam penampilan anak-anak dalam pensi ini, selain bisa menghibur, juga bisa menambah motivasi anak-anak dalam mengembangkan potensi dirinya. Antusias wali murid juga sangat terasa dengan hadirnya mereka menyaksikan pensi ini, selain itu fasilitas untuk pensi ini juga sangat mendukung,” ujar Sunarna.¬†(Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *