Tak Usah Jauh-jauh, Mau Camping dan Outbond Bisa di Embong Desa Tempursari Ngawen Klaten

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Dengan perasaan senang, ratusan warga tampak menghadiri acara launching atua peresmian Embong Camping dan Playground Desa Tempursari, Kecamatan Ngawen, Klaten, dengan luas total sekitar dua ribu meter persegi, Selasa pagi, 31 Desember 2019.

Di penghujung tahun 2019 ini, Kepala Desa Tempursari, Budi Diyatmiko BSc dengan didukung Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan Ketua Muh Marfa’i, Ketua TP PKK Desa Tempursari Ny Budi Diyatmiko, Ketua Karang Taruna Desa Tempursari Muh Ilham al Haq, dan elemen masyarakat lainnya, meresmikan Embong kebanggaan Desa Tempursari ini.

“Alhamdulillah, tadi Camat Ngawen Ir Hj Anna Fajria Hidayati MSi berkenan hadir dan meresmikan Embong Camping dan Playground Desa Tempursari. Sekedar tahu, embong ini dimulai pembangunannya sejak tahun 2017 dengan anggaran Rp75 juta dari dana desa dan dana swadaya Rp5 juta. Lalu dilanjutkan pembangunan lagi dari dana desa tahun 2018 dan tahun 2019 dengan pemihakan dana desa per tahun Rp100 juta dan dana swadaya sekitar Rp10 juta,” jelas Kades Budi.

Kades Tempursari Budi Diyatmiko dampingi Camat Ngawen Ir Hj Anna Fajria Hidayati MSi resmikan embong, Selasa siang (31/12/2019).

Untuk luas taman bunga yang ada di lokasi embong ini ada sekitar 900 meter persegi dan luasan tanah untuk camping dan playground sekitar 1500 meter persegi meter. Di taman bunga ini ada gazebo, tempat rapat dan tempat bermain anak-anak yang bagus untuk refreshing keluarga. Sedang di sisi lahan camping, ada bangunan untuk pertemuan dan juga lahan luas hijau untuk perkemahan atau outbond.

Dalam acara peresmian embong ini, ada penampilan grup musik Lazaluna dan pameran produk kuliner warga Tempursari. Juga ada penandatanganan spanduk putih warga setempat mendukung penghijauan dan desa ramah anak. Sejumlah anak-anak juga sedang bermain dengan dipandu anggota Karang Taruna Desa Tempursari dengan aneka permainan.

Kepada wartawan, Camat Ngawen Ir Hj Anna Fajria Hidayati MSi merasa bangga dan ikut bersyukur dengan selesainya pembangunan Embong Camping dan Playground Desa Tempursari ini. Total pembangunan sekitar Rp300 juta yang berasal dari dana desa Rp275 juta dan dana swadaya masyarakat sekitar Rp25 juta, diharapkan bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

Camat Ngawen Ir Hj Anna Fajria Hidayati MSi bersama Kades, Ketua TP PKK Desa dan BPD Tempursari dukung peresmian embong ini.

“Kami berharap, dengan hadirnya embong ini, masyarakat tidak usah jauh-jauh ke luar daerah, cukup di Desa Tempursari sudah ada wahana camping dan playground. Bagi anak sekolah, bisa bermain di sini dan juga ada bisa digunakan untuk perkemahan serta outbond. Semoga ke depan, bisa dikelola dengan baik dan menambah penghasilan bagi desa,” pesan Camat Anna Fajria.

Termasuk dikatakan Camat Anna, pernah mengadakan kunjungan di obyek sungai Maron yang masuk Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang pengelolaannya sangat bagus. Diharapkan setiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Ngawen ini, bisa mengemas potensi desa yang ada. Camat Ngawen ini yakin, setiap desa mempunyai keunggulan tersendiri, terpenting masing-masing desa bisa mengemas dan membidik peluang yang ada demi kemajuan desa.

Seperti Desa Manjung yang ada di Kecamatan Ngawen ini mempunyai keunggulan home industri mie soon, Desa Manjungan ada Umbul Susuhan yang bagus, Desa Duwet ada basis kesenian budaya dengan kampung Soran yang masyarakatnya pemain ketoprak, ada grup wayang kulit, dalang wayang kulit, dan potensi desa lainnya. (Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *