UPK DAPM Berkah Kalijaga Cawas Klaten Gelar MAD, Tetap Optimis Melangkah

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Ratusan tamu undangan tampak hadir dalam gelaran tutup buku Musyawarah Antar Desa (MAD) Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Berkah Kalijaga Cawas, Klaten di balai pertemuan Desa Bendungan, Kamis siang, 30 Januari 2020.

Camat Cawas Drs Moh Prihadi MSi, Paguyuban Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Cawas, Drs Agus Priyono (Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) UPK DAPM Berkah Kalijaga Cawas), Sukono SPd MMPd (Ketua Badan Pemeriksa UPK), kelompok simpanan perguliran perempuan (SPP) dan lainnya.

Kepada wartawan Manajer UPK DAPM Berkah Kalijaga Cawas Ichwan Eko Raharjo SE mengatakan, dalam periode 2019 pihak UPK DAPM Berkah Kalijaga ini telah melaksanakan perguliran bagi 18 desa dengan jumlah 472 kelompok pemanfaat yang terdiri Rp 4,167 milyar untuk SPP perguliran dan Rp 486 juta untuk SPP KUB.

Ketua BKAD DAPM Berkah Kalijaga Cawas Drs Agus Priyono pimpin acara MAD tutup buku 2019.

Dilaporkan pula, untuk meningkatkan partisipasi dan kontribusi dalam pengelolaan perguliran SPP, UPK memberikan insentif stimulan, baik bersifat tetap maupun tambahan. Kata Ichwan, langkah ini agar mampu meningkatkan perkembangan SPP lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat di Kecamatan Cawas.

Antara lain untuk pembangunan kantor UPK menghabiskan dana Rp 565,107 juta, pembelian tanah kantor di Sepi, Barepan sebesar Rp 367,500 juta, insentif paguyuban Kades Rp 16 juta, insentif kader ekonomi Rp 12 juta, dana sosial atau tanggap bencana Rp 5 juta, dan dana lainnya.

“Kami dalam melaksanakan manajemen UPK DAPM Berkah Kalijaga ini tetap mengikuti aturan yang ada, transparan, akuntable, bisa dipertanggungjawabkan. Setiap bulan, kami melaporkan perkembangan keuangan dan lainnya kepada masyarakat Cawas, kelembagaan BKAD dan Dispermasdes Klaten. UPK juga melakukan promosi dan pemasaran dengan berbagai bentuk menyasar ke pemanfaat, seperti souvenir tahunan, doorprize angsuran dan reward,” jelas Ichwan.

Dalam melaksanakan tugas, Ichwan dibantu Evian Titis P AMd, Tiwiek Chandra D AMd dan Rajimin. BKAD juga intens mendukung program kerja UPK terdiri Drs Agus Priyono (Ketua), dengan anggota Sri Widodo dan Titik Yartati. Namun demikian ada 2 orang Badan Pengawas (BP) UPK, yaitu Sukono SPd MMPd dan Hj Sri Sutanti yang selalu mengawasi manajemen UPK.

Para Kades juga hadir berikan dukungan buat keberadaan UPK ini.

Ketua BKAD UPK DAPM Berkah Kalijaga Agus Priyono meminta kepada manajemen UPK untuk tetap berhati-hati dalam melaksanakan manajemen. Termasuk jangan sampai melakukan penyimpangan anggaran atau pencairan dana perguliran yang tidak tepat sasaran. Kantor UPK yang baru, bisa dimaksimalkan dan roda perekonomian masyarakat di Kecamatan Cawas juga ikut terangkat.

“Kami bersyukur, perjalanan manajemen UPK DAPM Berkah Kalijaga setiap tahun terus mengalami perkembangan signifikan. Keberadaan kelompok pemanfaat lewat SPP perguliran dan SPP KUB bisa berjalan baik dan jangan sampai terjadi penyimpangan anggaran. Kantor UPK yang baru juga bisa dihidupkan demi peningkatan partisipasi masyarakat,” pesan Agus Priyono.

Dalam acara ini ada sejumlah usulan dari peserta MAD, antara lain UPK ikut membantu peduli bencana dengan posko utama di Kecamatan, tidak menambah kelompok baru, dana sosial diperuntukkan pembelian peralatan bencana, penyegaran keluarga besar UPK perlunya gathering ke Sragen sekitar Juli 2020, penambahan insentif dan lainnya. (Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *