UPK DAPM Ronggowarsito Trucuk Klaten Peduli Bencana dan Berdayakan Perempuan

KLATEN, KABAREPIYE.COM – Keberadaan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) DAPM Ronggowarsito Trucuk, Klaten, setiap tahun semakin tertata dengan baik. Bahkan UPK ini mnejadi salah satu tujuan studi banding atau studi belajar dari UPK dari daerah lainnya. UPK ini juga intens peduli bencana dan berdayakan perempuan dalam kelompok pemanfaat dana perguliran.

Hal ini dikatakan Manajer atau Ketua UPK DAPM Ronggowarsito Trucuk Puji Raharjo SE di sela-sela acara tutup buku tahun 2019 dalam kemasan Musyawarah Antar Desa (MAD) UPK DAPM Ronggowarsito Trucuk di RM Lestari Palar, Jumat pagi, 31 Januari 2020.

“Sudah menjadi agenda tahunan, kami di awal Januari selalu menggelar tutup buku MAD UPK DAPM Ronggowarsito dan pembahasan rencana kerja ke depan. Kami dalam melaksanakan manajemen, tetap mengikuti petunjuk dari BKAD dan selalu bersinergi dengan Badan Pemeriksa UPK. Insya Allah, kami selalu siap melayani masyarakat sesuai tupoksi dan aturan yang ada,” jelas Puji Raharjo.

Danramil Trucuk, Kapolsek Trucuk, BKAD, BPK, dan tamu undangan lainnya semangat ikuti acara MAD ini.

Tampak hadir dalam MAD ini, antara lain Sekretaris Kecamatan Trucuk Rosidi, Danramil Trucuk Kapten Cba Maliana Heri Sugiarto, Kapolsek Trucuk AKP H Nurwadi, Ketua BKAD UPK DAPM Ronggowarsito Drs H Sugiyono ST MM, Endang Widowati SSos MH (BKAD), H Ponimin SPd MPd (BP UPK), dan lainnya.

Suasana semakin gayeng dengan hadirnya biduan cantik Ayu Agastha bersama Orgen Tunggal Manggala Nada pimpinan H Sugiyono yang tak lain Ketua BKAD DAPM Ronggowarsito ini. Selain Sugiyono (suami Kades Gaden Hj Partinah) yang tampil bernyanyi, Danramil Maliana juga ikut menghibur tamu yang ikut MAD ini.

Dalam pesan singkatnya, Maliana berharap keberadaan UPK DAPM Ronggowarsito Trucuk ini bisa lebih bergairah lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemberian 25 stel jaket relawan Kecamatan Trucuk oleh UPK, menjadi salah satu langkah bijak. Wilayah Kecamatan Trucuk memang seringkali terjadi bencana, baik banjir, rumah roboh diterjang angin kencang atau bencana lainnya.

Para Kades dan tamu undangan antusias menghadiri acara MAD Tutup Tahun 2019 ini.

“Semoga UPK ini bisa intens menyalurkan dana sosial dalam mendukung pembelian alat-alat kebencanaan atau peduli bencana, termasuk pemberian 25 stel jaket rompi bagi relawan Trucuk. Keberadaan UPK juga bisa memberikan harapan baru, semangat baru bagi peningkatan partisipasi masyarakat, khususnya kelompok pemanfaat perguliran,” pesan Maliana.

Sementara Sugiyono juga dengan tegas berpesan kepada manajemen UPK, tetap berhati-hati dalam menjalankan kepercayaan atau amanah. Rencana kerja yang ada bisa dilaksanakan dengan baik dan jangan sampai melakukan pencairan dana perguliran atau program lainnya yang menyimpang dari aturan.

“Saya sudah pesankan kepada UPK, tetap kita kedepankan pelayanan yang baik dan pengetatan pengeluaran dana. UPK DAPM Ronggowarsito ini harus menjadi percontohan atau terdepan dalam kualitas pelayanan. Program yang ada bisa memberikan manfaat terbaik bagi masyarakat dan kelompok pemanfaat juga semakin berdaya,” pesan Sugiyono. (Abdul Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *