PDAM Tirta Merapi Klaten Gerakan Tanam 1000 Pohon, Peduli Kelestarian Alam Negeri..!!

KLATEN (kabarepiye.com) – Sebelum Bupati Klaten Hj Sri Mulyani hadir di lokasi peringatan Hari Air Sedunia tahun 2018 bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Klaten di umbul Geneng, Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Kamis pagi, 22 Maret 2018, panitia melantunkan lagu-lagu semangat PDAM dalam mengabdi.

Direktur Utama PDAM Tirta Merapi Klaten, Irawan Margono SH MM saat ditemui wartawan di lokasi mengatakan, agenda ini merupakan agenda tahunan dan diisi dengan gerakan aksi penanaman 1000 pohon. Untuk aksi penanaman pohon ini diawali oleh Bupati Klaten di kompleks umbul Geneng ini.

Selain itu, ada penyerahan bantuan bibit pohon dan dana perawatan kepada Komunitas JRC (Jagalan Reaksi Cepat), Komunitas Peduli Sungai Poitan Karangnongko dan Komunitas Masyarakat Ngrundul Kebonarum. Tiga komunitas ini menjadi mitra kerja PDAM Tirta Merapi Klaten dalam menjaga alam lestari dan menghidupkan kecintaan masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai.

Bupati Sri Mulyani bersama Dirut PDAM Tirta Merapi Irawan Margono dan Direksi, Kades serta relawan foto bersama.

“Untuk tujuan pemberian bibit pohon ini, tentunya diharapkan bisa mencegah atau meminimalisasi potensi banjir. Dan tentunya ada upaya menjaga kelestarian alam dengan ketersediaan cadangan air tanah. PDAM Tirta Merapi Klaten akan selalu berusaha membantu masyarakat dalam menjaga kelestarian alam dengan bersinergis dengan relawan atau komunitas sungai ini,” jelas Irawan.

Sejumlah pohon telah ditanam dalam memperingati Hari Air Sedunia tahun 2018 ini, antara lain pohon sapu tangan, pohon gayam, durian dan pohon lainnya. Sejumlah awak media dengan setia meliput agenda yang nuansanya peduli kelestarian alam.

PDAM Tirta Merapi memberikan dua tandu bagi Komunitas Sungai Poitan Karangnongko, serta bantuan biaya pemeliharaan pohon sekitar Rp2 juta, dan bantuan operasional bagi para sukarelawan sebesar Rp1 juta. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani usai kata sambutan acara ini.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani berikan keterangan pers kepada awak media yang meliput di acara ini.

Hari Air sedunia telah dideklarasikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan seluruh dunia telah sepakat dengan merayakan hari air untuk perwujudan dedikasi masyarakat akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan.

Irawan Margono menambahkan, untuk 1000 pohon tersebut, telah disebarkan ke tiga desa, yaitu dibagi ke relawan di Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Desa Jagalan (Kecamatan Karangnongko), serta bagi relawan di Desa Jombor, Kecamatan Ceper. Jagalan ini, ternyata tempat Dirut PDAM Tirta Merapi Klaten ini dibesarkan atau tempat masa kecilnya dilalui.

Bupati Sri Mulyani sangat mendukung agenda peringatan Hari Air Sedunia dengan penanaman pohon. Tak hanya pohon sapu tangan saja yang ditanam, akan tetapi Bupati meminta masyarakat juga bisa menanam pohon refugia untuk mendukung program Klaten Kota Bunga Sejuta Warna.

Diungkapkan, Kabupaten Klaten ini termasuk kondang dengan seribu mata air, seperti umbul Geneng sendiri, umbul Ponggok, Umbul Temanten, umbul Gedaren, umbul Pluneng, umbul Brintik dan lainnya. Pemkab Klaten selalu mendukung upaya membangun destinasi wisata air dan bisa berdayakan masyarakat.

Dirut PDAM Tirta Merapi Klaten Irawan Margono foto bersama Dirut BUMD Klaten, Camat Kebonarum dan Dewas.

“Pemerintah sangat mendukung upaya menjaga kelestarian alam. Program memperingati Hari Air Sedunia ini juga bermanfaat dalam bersama-sama menjaga sumber mata air yang ada sebagai sumber kehidupan. Penanaman pohon ini salah satu karya nyata agar bumi kita tetap hijau dan terjaga kejernihan airnya,” jelas Sri Mulyani.

Jajaran direksi dan manajemen PDAM Tirta Merapi Klaten sangat senang dengan hadirnya Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Turut hadir pula Hj Mulyatminah (anggota DPRD Klaten), Dirut Perusda Aneka Usaha Klaten H Sukardi SE MSi, Dirut PD BPR Bank Klaten Tulus Yunianto SE, Camat Karangnongko Joko Supriyanto, Camat Kebonarum Sofan.

Hadir pula Pimpinan Bank Jateng Cabang Klaten Marsudi, Kades Ngrundul Wahyu Widyanarko, Kades Jagalan Sudadiyono, dan tamu undangan lainnya. Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Tirta Merapi Klaten juga hadir, Cahyo Dwi Setyanto (sekretaris) dan FX Setyawan (anggota) yang per 31 Januari 2018 lalu diberikan amanah sebagai Dewas. (dulkim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *