Siswa SD ‘Aisyiyah Full Day Pandes Tebarkan 10 Ribu Benih Ikan di Kali Ujung

KLATEN, KABAREPIYE.com – Ribuan siswa di bawah naungan TPA/KB/TK/SD ‘Aisyiyah Full Day yang ada di Pandes, Wedi, Klaten, mengadakan penutupan Masa Orientasi Sekolah atau MOS dengan gerakan Peduli Kali Ujung yang ada di Kalitengah, Wedi. Acara diadakan Jumat pagi, 19 Juli 2019, dengan menebarkan 10 ribu bibit ikan ke kali Ujung tersebut.

Kepala SD ‘Aisyiyah Full Day Pandes, Wedi, Drs Hartono menjelaskan, agenda setiap penutupan MOS, baik di TPA/KB/TK dan SD dalam naungan ‘Aisyiyah Full Day, selalu diwujudkan dengan peduli sungai. Tahun lalu juga menebarkan ikan di kali Ujung di sebalah timur jembatan Wedi. Untuk tahun ini ada di sekitar Taman Senopati yang ada di Kalitengah yang dilewati kali Ujung.

“Sebelum anak-anak menebarkan bibit ikan sekitar 10 ribu, baik ikan nila dan ikan lele, anak-anak mengikuti acara formalitas yang dihadiri Kasi Trantib Kecamatan Wedi, Untung Agil, perangkat desa Kalitengah, relawan kali Ujung, tim inovasi desa, tim TPID Kecamatan Wedi, wali santri dan tamu lainnya,” ujar Hartono.

Dengan semangat peduli sungai, jelas Hartono, anak-anak bisa menjaga kebersihan lingkungan, mencintai kebersihan sungai, tidak mengotori sungai, tidak membuang sampah sembarangan di sungai, senang bersedekah alam dengan menebarkan ikan di sungai dan sebagainya.

Dalam acara penutupan MOS dengan peduli kali Ujung ini diikuti 573 siswa SD, 22 siswa baru TPA, 89 siswa KB (Kelompok Bermain), siswa TK A ada 130 anak dan siswa TK B ada 125 anak. Jumlah siswa kelas 1 SD ‘Aisyiyah Full Day Pandes ini ada 98 dan semuanya senang hati ikuti acara tebar ikan di kali Ujung dengan didampingi 45 ustadz/ustadzah.

“Kami berharap ke depan akan semakin mantap dalam memberikan pendidikan karakter pada anak didik, dan gerakan tebar ikan ini juga merupakan salah satu egenda yang bagus dalam mencetak siswa berkarakter. Saya sangat salut atas kerja keras jajaran TPA/KB/TK dan SD ‘Aisyiyah Full Day dalam gerakan peduli kali Ujung ini,” ungkap Untung Agil yang hadir mewakili Camat Wedi Kukuh Riyadi yang sedang menunaikan ibadah haji. (hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *